Home > Uncategorized > rpp Bahasa Inggris Kls XI

rpp Bahasa Inggris Kls XI


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Sekolah                                    :   SMK Ma’arif NU 1 Purbolinggo

Program Keahlian                    :   Semua Program Keahlian

Mata Pelajaran                         :   Bahasa Inggris

Kelas/Semester                        :   XI/3

Pertemuan ke                           :   16-20

Alokasi Waktu                         :   10 x 45 menit

Standar Kompetensi                 :   Berkomunikasi dengan Bahasa Inggris setara Level Elementary

Kompetensi Dasar                   :   2.3   Merinci tugas pekerjaan dan latar belakang pendidikan yang dimilikinya secara lisan dan tulisan

Indikator                                  :   1.     Bentuk kata kerja digunakan dalam Simple Present dengan tepat untuk menerangkan tugas dan pekerjaan berbagai macam profesi.

2.        Bentuk kata kerja digunakan dalam Simple Past dengan tepat untuk menerangkan latar belakang pendidikan berbagai macam profesi.

3.        Curriculum Vitae yang sederhana ditulis dengan benar.

4.        Berbagai ungkapan digunakan dengan tepat untuk menjelas-kan fakta dan angka (facts and figures) pada suatu sajian data.

 

A.       Tujuan Pembelajaran

1.        Siswa dapat memahami bentuk kata kerja digunakan dalam Simple Present dengan tepat untuk menerangkan tugas dan pekerjaan berbagai macam profesi.

2.        Siswa dapat memahami bentuk kata kerja digunakan dalam Simple Past dengan tepat untuk menerangkan latar belakang pendidikan berbagai macam profesi.

3.        Siswa dapat membuat Curriculum Vitae yang sederhana ditulis dengan benar.

4.        Siswa dapat menggunakan berbagai ungkapan digunakan dengan tepat untuk menjelas-kan fakta dan angka (facts and figures) pada suatu sajian data.

 

B.       Materi Pembelajaran

Language Focus

1.        Samples of curriculum vitae

2.        Expressing facts and figures :

a.        The graph shows that population growth has been high this last decade.

b.        The latest data show that about three billion rupiahs have been spent for the construction of the factory.

 

Grammar Review

1.        Telling about people’s job using the Simple present tense:

a.        A cook prepares food.

b.        Pilots fly aeroplanes.

2.        Telling about people’s educational background using the Simple past tense.

a.        She graduated from SMKN 8 Bandung.

b.        The new secretary learned shorthand at the college.

 

C.       Metode Pembelajaran

1.        Ceramah

2.        Diskusi

3.        Tanya jawab

4.        Role-Play (Bermain peran)

 

 

 

D.       Langkah-langkah Pembelajaran

Pertemuan ke-16:

1.        Kegiatan Awal

a.        Guru memberikan salam kepada siswa.

b.        Guru memeriksa kehadiran siswa.

c.        Guru menyampaikan materi yang akan dibahas dan tujuan pembelajaran.

d.        Guru memberikan apersepsi dengan cara memberikan pertanyaan kepada siswa kemudian siswa menjawabnya.

2.        Kegiatan Inti

a.       Guru meminta siswa menyebutkan beberapa macam pekerjaan/profesi, tugasnya, dan tempat bekerjanya.

b.      Guru membacakan sebuah teks sederhana, siswa memperhatikan kemudian menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru.

c.       Guru menjelaskan dan memberikan contoh pola kalimat Simple Present Tense.

d.      Siswa mendeskripsikan gambar yang ditunjukkan oleh guru.

e.       Siswa mengerjakan latihan-latihan soal.

3.        Kiatan Akhir

a.        Guru memeriksa hasil kerja siswa.

b.        Guru memberikan tugas rumah.

c.        Guru menutup/mengakhiri pelajaran tersebut dengan mengucapkan salam kepada para siswa sebelum keluar kelas dan siswa menjawab salam.

 

Pertemuan ke-17:

1.        Kegiatan Awal

a.        Guru memberikan salam kepada siswa.

b.        Guru memeriksa kehadiran siswa.

c.        Guru memeriksa tugas rumah siswa yang telah diberikan pada pertemuan sebelumnya dan membahasnya.

2.        Kegiatan Inti

a.       Guru me-review materi yang telah dijelaskan pada pertemuan sebelumnya dengan cara bertanya kepada siswa secara acak.

b.      Siswa melengkapi dialog (tentang profesi) yang telah dipersiapkan oleh guru.

c.       Siswa mempraktikkan dialog di depan kelas.

d.      Siswa membuat karangan/deskripsi tentang suatu profesi, tugas, dan tempatnya bekerja.

3.        Kegiatan Akhir

a.        Guru memeriksa dan membahas hasil kerja siswa.

b.        Guru memberikan tugas rumah kepada siswa.

c.        Guru menyampaikan materi yang akan dibahas pada pertemuan selanjutnya dan meminta siswa untuk mempersiapkan/mempelajari materi.

d.        Guru menutup/mengakhiri pelajaran tersebut dengan mengucapkan salam kepada para siswa sebelum keluar kelas dan siswa menjawab salam.

 

Pertemuan ke-18:

1.        Kegiatan Awal

a.        Guru memberikan salam kepada siswa.

b.        Guru memeriksa kehadiran siswa.

c.        Guru membahas tugas rumah yang telah diberikan pada pertemuan sebelumnya.

d.        Guru menyampaikan materi yang akan dibahas dan tujuan pembelajaran.

e.        Guru memberikan apersepsi dengan cara memberikan pertanyaan kepada siswa kemudian siswa menjawabnya.

2.        Kegiatan Inti

a.       Guru meminta siswa menyebutkan latar pendidikan dari suatu profesi.

b.      Guru membuat contoh kalimat tentang latar pendidikan dari suatu profesi dengan menggunakan pola kalimat Simple Past Tense.

c.       Guru menjelaskan dan memberikan contoh pola kalimat Simple Past Tense kemudian siswa mencatatnya.

d.      Siswa mengerjakan latihan-latihan soal.

e.       Siswa membaca bacaan/teks yang telah disediakan oleh guru kemudian menjawab pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan bacaan.

3.        Kegiatan Akhir

a.        Guru memeriksa dan membahas hasil kerja siswa.

b.        Guru memberikan tugas rumah.

c.        Guru menutup/mengakhiri pelajaran tersebut dengan mengucapkan salam kepada para siswa sebelum keluar kelas dan siswa menjawab salam.

 

Pertemuan ke-19:

1.        Kegiatan Awal

a.        Guru memberikan salam kepada siswa.

b.        Guru memeriksa kehadiran siswa.

c.        Guru memeriksa dan membahas tugas rumah yang telah diberikan pada pertemuan sebelumnya.

2.        Kegiatan Inti

a.       Guru me-review materi yang telah dijelaskan pada pertemuan sebelumnya dengan cara bertanya kepada siswa secara acak.

b.      Guru menjelaskan dan memberikan contoh curriculum vitae kepada siswa.

c.       Siswa membuat curriculum vitae tentang dirinya sendiri.

3.        Kegiatan Akhir

a.        Guru memeriksa dan membahas hasil/kerja siswa.

b.        Guru memberikan tugas rumah.

c.        Guru menyampaikan materi yang akan dibahas pada pertemuan selanjutnya dan meminta siswa untuk mempersiapkan/mempelajari materi.

d.        Guru menutup/mengakhiri pelajaran tersebut dengan mengucapkan salam kepada para siswa sebelum keluar kelas dan siswa menjawab salam.

 

Pertemuan ke-20:

1.        Kegiatan Awal

a.        Guru memberikan salam kepada siswa.

b.        Guru memeriksa kehadiran siswa.

c.        Guru memeriksa dan membahas tugas rumah yang telah diberikan pada pertemuan sebelumnya.

d.        Guru menyampaikan materi yang akan dibahas dan tujuan pembelajarannya.

e.        Guru memberikan apersepsi dengan cara memberikan pertanyaan kepada siswa kemudian siswa menjawabnya.

2.        Kegiatan Inti

a.       Guru membacakan kalimat yang mengandung ungkapan untuk menjelaskan fakta dan angka (facts and figures) pada suatu sajian data, kemudian siswa menulisnya.

b.      Siswa membaca dan memahami bacaan/teks yang mengandung ungkapan untuk menjelaskan fakta dan angka (facts and figures) pada suatu sajian data, kemudian menjawab pertanyaan.

c.       Guru menjelaskan ungkapan untuk menjelaskan fakta dan angka (facts and figures) pada suatu sajian data.

d.      Siswa menjelaskan fakta dan angka dari suatu data.

3.        Kegiatan Akhir

a.        Guru memeriksa hasil kerja siswa.

b.        Guru menyampaikan bentuk ulangan harian dan waktu pelaksanaan ulangan harian.

c.        Guru menutup/mengakhiri pelajaran tersebut dengan mengucapkan salam kepada para siswa sebelum keluar kelas dan siswa menjawab salam.

 

E.       Alat, Media, dan Sumber Belajar

1.        Alat

LCD Proyektor, Laptop, Speaker, VCD, Gambar, dan Buku Cerita

2.        Media

a.        Audio: Cerita

b.        Visual: Gambar

c.        Audio Visual: Video

3.        Sumber

a.        Global Access to the World of Work Book 2

b.        Pelajaran Bahasa Inggris untuk SMK Kelas 2

c.        English Grammar in Use

 

F.       Penilaian                        

1.        Prosedur Penilaian: pada akhir pembelajaran (post-test)

2.        Jenis Penilaian:

a.        Tes Lisan

1)       Menjelaskan profesi.

2)       Menjelaskan diagram.

b.        Tes Tertulis

1)       Melengkapi kalimat/ form

2)       Menulis curriculum vitae

 

 

 

Purbolinggo,  07  Juli 2011

Mengetahui,

Kepala SMK Ma’arif NU 1 Purbolinggo                                                                          Guru Mata Pelajaran

 

 

 

 

Nurul Ahmad,S.Pd.                                                                                        Ferdi Hatoko,A.Md.

 

 

About these ads
Categories: Uncategorized
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: