Home > Uncategorized > Silabus Bahasa Inggris Kls XI

Silabus Bahasa Inggris Kls XI


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Sekolah                                    :   SMK Ma’arif NU 1 Purbolinggo

Program Keahlian                    :   Semua Program Keahlian

Mata Pelajaran                         :   Bahasa Inggris

Kelas/Semester                        :   XI/3

Pertemuan ke                           :   11-15

Alokasi Waktu                         :   10 x 45 menit

Standar Kompetensi                 :   Berkomunikasi dengan Bahasa Inggris setara Level Elementary

Kompetensi Dasar                   :   2.2   Mencatat pesan-pesan sederhana baik dalam interaksi langsung maupun melalui alat.

Indikator                                  :   1.     Pesan (message) yang diterima lewat telepon dicatat dengan benar.

2.        Pesan (message) yang diterima secara langsung dicatat dengan benar.

 

A.       Tujuan Pembelajaran

1.        Siswa dapat mencatat pesan (message) yang diterima lewat telepon dicatat dengan benar.

2.        Siswa dapat mencatat pesan (message) yang diterima secara langsung dicatat dengan benar.

 

B.       Materi Pembelajaran

Language Focus

1.        Expressions dealing with telephone conversations

a.        Can I speak to Arifin, please?

b.        Hello. This is Andini.

Grammar Review:

1.        Personal pronouns

Subject

Object

Possessive Adjective

Possessive Pronoun

Reflexive Pronoun

I

You

We

They

He

She

It

me

you

us

them

him

her

it

my

your

our

their

his

her

its

mine

yours

ours

theirs

his

hers

its

myself

yourself

ourself

themself

himself

herself

itslef

 

2.        Reported speech

a.        He said that you had to pay for the tickets

b.        He asked you to pay for the tickets.

c.        He wanted to know if you would be available in the afternoon.

d.        He wanted to know where you put his umbrella.

3.        Adjective Clause

a.        Do you know the staff who will be promoted our new division manager?

 

C.       Metode Pembelajaran

1.        Ceramah

2.        Diskusi

3.        Tanya jawab

4.        Role-Play (Bermain peran)

 

D.       Langkah-langkah Pembelajaran

Pertemuan ke-11:

1.        Kegiatan Awal

a.        Guru memberikan salam kepada siswa.

b.        Guru memeriksa kehadiran siswa.

c.        Guru menyampaikan materi yang akan dibahas dan tujuan pembelajaran.

d.        Guru memberikan apersepsi dengan cara memberikan pertanyaan kepada siswa kemudian siswa menjawabnya.

2.        Kegiatan Inti

a.       Guru membaca dialog dalam telepon, siswa mendengarkan, dan menjawab pertanyaan yang diajukan oleh guru.

b.      Guru menjelaskan dan memberikan contoh tentang personal pronouns.

c.       Siswa mencatat penjelasan guru.

d.      Siswa mengerjakan latihan-latihan soal tentang personal pronouns.

e.       Siswa membuat dialog sederhana dengan menggunakan on the phone.

3.        Kegiatan Akhir

a.        Guru memeriksa hasil kerja siswa.

b.        Guru memberikan tugas rumah.

c.        Guru menutup/mengakhiri pelajaran tersebut dengan mengucapkan salam kepada para siswa sebelum keluar kelas dan siswa menjawab salam.

 

Pertemuan ke-12:

1.        Kegiatan Awal

a.        Guru memberikan salam kepada siswa.

b.        Guru memeriksa kehadiran siswa.

c.        Guru memeriksa tugas rumah siswa yang telah diberikan pada pertemuan sebelumnya dan membahasnya.

2.        Kegiatan Inti

a.       Guru me-review materi yang telah dijelaskan pada pertemuan sebelumnya dengan cara bertanya kepada siswa secara acak.

b.      Siswa mempraktikkan dialog sederhana yang menggunakan ekspresi on the phone (yang telah dibuat pada pertemuan sebelumnya) bersama temannya di depan kelas.

c.       Siswa membaca bacaan/teks yang telah disediakan oleh guru dan kemudian menjawab pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan bacaan tersebut.

d.      Siswa membuat karangan dengan menggunakan personal pronouns.

3.        Kegiatan Akhir

a.        Guru memeriksa dan membahas hasil/kerja siswa.

b.        Guru menyampaikan materi yang akan dibahas pada pertemuan selanjutnya dan meminta siswa untuk mempersiapkan/mempelajari materi.

c.        Guru menutup/mengakhiri pelajaran tersebut dengan mengucapkan salam kepada para siswa sebelum keluar kelas dan siswa menjawab salam.

 

Pertemuan ke-13:

1.        Kegiatan Awal

a.        Guru memberikan salam kepada siswa.

b.        Guru memeriksa kehadiran siswa.

c.        Guru membahas tugas rumah yang telah diberikan pada pertemuan sebelumnya.

d.        Guru menyampaikan materi yang akan dibahas dan tujuan pembelajaran.

e.        Guru memberikan apersepsi dengan cara memberikan pertanyaan kepada siswa kemudian siswa menjawabnya.

2.        Kegiatan Inti

a.       Guru membaca dialog tentang penyampaian pesan, siswa mendengarkan, dan menjawab pertanyaan yang diajukan oleh guru.

b.      Guru menjelaskan dan memberikan contoh tentang reported speech.

c.       Siswa mencatat penjelasan guru.

d.      Siswa mengerjakan latihan-latihan soal tentang reported speech.

e.       Siswa membaca bacaan/teks yang telah disediakan oleh guru kemudian menjawab pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan bacaan.

3.        Kegiatan Akhir

a.        Guru memeriksa dan membahas hasil/kerja siswa.

b.        Guru memberikan tugas rumah.

c.        Guru menutup/mengakhiri pelajaran tersebut dengan mengucapkan salam kepada para siswa sebelum keluar kelas dan siswa menjawab salam.

 

Pertemuan ke-14:

1.        Kegiatan Awal

a.        Guru memberikan salam kepada siswa.

b.        Guru memeriksa kehadiran siswa.

c.        Guru memeriksa dan membahas tugas rumah yang telah diberikan pada pertemuan sebelumnya.

2.        Kegiatan Inti

a.       Guru me-review materi yang telah dijelaskan pada pertemuan sebelumnya dengan cara bertanya kepada siswa secara acak.

b.      Siswa membuat kalimat yang menggunakan pola reported speech.

c.       Siswa membaca bacaan/teks yang telah disediakan oleh guru dan kemudian menjawab pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan bacaan tersebut.

d.      Siswa membuat/menulis pesan dari telepon dan seseorang secara langsung.

3.        Kegiatan Akhir

a.        Guru memeriksa dan membahas hasil/kerja siswa.

b.        Guru memberikan tugas rumah.

c.        Guru menyampaikan materi yang akan dibahas pada pertemuan selanjutnya dan meminta siswa untuk mempersiapkan/mempelajari materi.

d.        Guru menutup/mengakhiri pelajaran tersebut dengan mengucapkan salam kepada para siswa sebelum keluar kelas dan siswa menjawab salam.

 

Pertemuan ke-15:

1.        Kegiatan Awal

a.        Guru memberikan salam kepada siswa.

b.        Guru memeriksa kehadiran siswa.

c.        Guru memeriksa dan membahas tugas rumah yang telah diberikan pada pertemuan sebelumnya.

d.        Guru menyampaikan materi yang akan dibahas dan tujuan pembelajarannya.

e.        Guru memberikan apersepsi dengan cara memberikan pertanyaan kepada siswa kemudian siswa menjawabnya.

2.        Kegiatan Inti

a.       Guru membacakan kalimat yang mengandung pola adjective clause kemudian siswa menulisnya.

b.      Guru menjelaskan dan memberikan contoh pola kalimat ajective clause kemudian siswa mencatatnya.

c.       Siswa mengerjakan latihan-latihan soal.

d.      Siswa membaca bacaan/teks yang telah disediakan oleh guru dan kemudian menjawab pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan bacaan tersebut.

3.        Kegiatan Akhir

a.        Guru memeriksa hasil kerja siswa.

b.        Guru menyampaikan bentuk ulangan harian dan waktu pelaksanaan ulangan harian.

c.        Guru menutup/mengakhiri pelajaran tersebut dengan mengucapkan salam kepada para siswa sebelum keluar kelas dan siswa menjawab salam.

 

E.       Alat, Media, dan Sumber Belajar

1.        Alat

LCD Proyektor, Laptop, dan Gambar

2.        Media

a.        Audio: Cerita

b.        Visual: Gambar

c.        Audio Visual: Video

3.        Sumber

a.        Global Access to the World of Work Book 2

b.        Pelajaran Bahasa Inggris untuk SMK Kelas 2

c.        English Grammar in Use

 

F.       Penilaian                        

1.        Prosedur Penilaian: pada akhir pembelajaran (post-test)

2.        Jenis Penilaian:

a.        Tes Lisan

Dialog berpasangan.

b.        Tes Tertulis

1)       Melengkapi kalimat.

2)       Pilihan ganda.

3)       Membuat paragraf pendek.

 

 

Purbolinggo,  07  Juli 2011

Mengetahui,

Kepala SMK Ma’arif NU 1 Purbolinggo                                                                          Guru Mata Pelajaran

 

 

 

Nurul Ahmad,S.Pd.                                                                                        Ferdi Hatoko,A.Md.

 

Categories: Uncategorized
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: