Home > Uncategorized > rpp Bahasa Inggris kls XI KD4

rpp Bahasa Inggris kls XI KD4


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Sekolah                                    :   SMK Ma’arif NU 1 Purbolinggo

Program Keahlian                    :   Semua Program Keahlian

Mata Pelajaran                         :   Bahasa Inggris

Kelas/Semester                        :   XI/3

Pertemuan ke                           :   21-23

Alokasi Waktu                         :   6 x 45 menit

Standar Kompetensi                 :   Berkomunikasi dengan Bahasa Inggris setara Level Elementary

Kompetensi Dasar                   :   2.4   Menceritakan pekerjaan di masa lalu dan rencana kerja yang akan datang.

Indikator                                  :   1.     Ungkapan tentang kegiatan masa lampau dikemukakan dengan benar.

2.        Ungkapan untuk mengemukakan kegiatan di masa datang digunakan dalam Tense yang benar.

3.        Surat pribadi yang menceritakan tentang kehidupan masa lalu dan rencana di masa depan ditulis dengan benar.

 

A.       Tujuan Pembelajaran

1.        Siswa dapat menggunakan ungkapan tentang kegiatan masa lampau dikemukakan dengan benar.

2.        Siswa dapat menggunakan ungkapan untuk mengemuka-kan kegiatan di masa datang digunakan dalam Tense yang benar.

3.        Siswa dapat membuat surat pribadi yang menceritakan tentang kehidupan masa lalu dan rencana di masa depan ditulis dengan benar.

 

B.       Materi Pembelajaran

Language Focus

1.        Telling about past events

a.        I saw the crowds were helping the accident victim.

b.        We had locked the room when she came.

2.        Telling about future plans

a.        The meeting will be over at two PM.

b.        When you arrive at the office, I will be conducting a meeting.

3.        Sample of a personal letter (telling about past and future events)

 

Grammar review

1.        Past Continus Tense

2.        Past Perfect Tense

3.        Simple Future Tense

4.        Future Continuous Tense

 

C.       Metode Pembelajaran

1.        Ceramah

2.        Diskusi

3.        Tanya jawab

4.        Role-Play (Bermain peran)

 

D.       Langkah-langkah Pembelajaran

Pertemuan ke-21:

1.        Kegiatan Awal

a.        Guru memberikan salam kepada siswa.

b.        Guru memeriksa kehadiran siswa.

c.        Guru menyampaikan materi yang akan dibahas dan tujuan pembelajaran.

d.        Guru memberikan apersepsi dengan cara memberikan pertanyaan kepada siswa kemudian siswa menjawabnya.

2.        Kegiatan Inti

a.       Guru bercerita tentang aktifitasnya yang dilakukan pada waktu lampau, siswa mendengarkan.

b.      Guru meminta beberapa siswa untuk bercerita singkat tentang aktifitas yang dilakukan pada waktu lampau.

c.       Guru menjelaskan dan memberikan contoh pola kalimat Past Continuous Tense dan Past Perfect Tense.

d.      Siswa mengerjakan latihan-latihan soal.

3.        Kiatan Akhir

a.        Guru memeriksa hasil kerja siswa.

b.        Guru memberikan tugas rumah.

c.        Guru menutup/mengakhiri pelajaran tersebut dengan mengucapkan salam kepada para siswa sebelum keluar kelas dan siswa menjawab salam.

 

Pertemuan ke-22:

1.        Kegiatan Awal

a.        Guru memberikan salam kepada siswa.

b.        Guru memeriksa kehadiran siswa.

c.        Guru memeriksa tugas rumah siswa yang telah diberikan pada pertemuan sebelumnya dan membahasnya.

2.        Kegiatan Inti

a.       Guru me-review materi yang telah dijelaskan pada pertemuan sebelumnya dengan cara bertanya kepada siswa secara acak.

b.      Siswa menuliskan aktifitas yang dilakukan pada waktu lampau, kemudian membacakan di depan kelas, dan siswa yang lain memberikan komentar.

c.       Siswa menerjemahkan bacaan/teks singkat yang menceritakan aktifitas yang dilakukan pada waktu lampau.

3.        Kegiatan Akhir

a.        Guru memeriksa dan membahas hasil kerja siswa.

b.        Guru memberikan tugas rumah kepada siswa.

c.        Guru menyampaikan materi yang akan dibahas pada pertemuan selanjutnya dan meminta siswa untuk mempersiapkan/mempelajari materi.

d.        Guru menutup/mengakhiri pelajaran tersebut dengan mengucapkan salam kepada para siswa sebelum keluar kelas dan siswa menjawab salam.

 

Pertemuan ke-23:

1.        Kegiatan Awal

a.        Guru memberikan salam kepada siswa.

b.        Guru memeriksa kehadiran siswa.

c.        Guru membahas tugas rumah yang telah diberikan pada pertemuan sebelumnya.

d.        Guru menyampaikan materi yang akan dibahas dan tujuan pembelajaran.

e.        Guru memberikan apersepsi dengan cara memberikan pertanyaan kepada siswa kemudian siswa menjawabnya.

2.        Kegiatan Inti

a.       Guru membacakan sebuah teks yang berisi tentang perencanaan, siswa memperhatikan dan menjawab pertanyaan yang disediakan oleh guru.

b.      Guru menjelaskan dan memberikan contoh pola kalimat Simple Future Tense dan Future Continuous Tense kemudian siswa mencatatnya.

c.       Siswa mengerjakan latihan-latihan soal.

3.        Kegiatan Akhir

a.        Guru memeriksa dan membahas hasil kerja siswa.

b.        Guru memberikan tugas rumah.

c.        Guru menutup/mengakhiri pelajaran tersebut dengan mengucapkan salam kepada para siswa sebelum keluar kelas dan siswa menjawab salam.

 

Pertemuan ke-24:

1.        Kegiatan Awal

a.        Guru memberikan salam kepada siswa.

b.        Guru memeriksa kehadiran siswa.

c.        Guru memeriksa dan membahas tugas rumah yang telah diberikan pada pertemuan sebelumnya.

2.        Kegiatan Inti

a.       Guru me-review materi yang telah dijelaskan pada pertemuan sebelumnya dengan cara bertanya kepada siswa secara acak.

b.      Siswa menuliskan aktifitas yang akan dilakukan pada waktu yang akan datang, kemudian membacakan di depan kelas, dan siswa yang lain memberikan komentar.

c.       Siswa menerjemahkan bacaan/teks singkat yang menceritakan aktifitas yang akan dilakukan pada waktu yang akan datang.

3.        Kegiatan Akhir

a.        Guru memeriksa dan membahas hasil/kerja siswa.

b.        Guru memberikan tugas rumah.

c.        Guru menyampaikan materi yang akan dibahas pada pertemuan selanjutnya dan meminta siswa untuk mempersiapkan/mempelajari materi.

d.        Guru menutup/mengakhiri pelajaran tersebut dengan mengucapkan salam kepada para siswa sebelum keluar kelas dan siswa menjawab salam.

 

Pertemuan ke-25:

1.        Kegiatan Awal

a.        Guru memberikan salam kepada siswa.

b.        Guru memeriksa kehadiran siswa.

c.        Guru memeriksa dan membahas tugas rumah yang telah diberikan pada pertemuan sebelumnya.

d.        Guru menyampaikan materi yang akan dibahas dan tujuan pembelajarannya.

e.        Guru memberikan apersepsi dengan cara memberikan pertanyaan kepada siswa kemudian siswa menjawabnya.

2.        Kegiatan Inti

a.       Guru memberikan contoh surat pribadi (personal letter) kemudian menjelaskannya.

b.      Guru menyediakan surat pribadi kemudian siswa menganalisisnya.

c.       Siswa membuat surat pribadi.

3.        Kegiatan Akhir

a.        Guru memeriksa hasil kerja siswa.

b.        Guru menyampaikan bentuk ulangan harian dan waktu pelaksanaan ulangan harian.

c.        Guru menutup/mengakhiri pelajaran tersebut dengan mengucapkan salam kepada para siswa sebelum keluar kelas dan siswa menjawab salam.

 

E.       Alat, Media, dan Sumber Belajar

1.        Alat

LCD Proyektor, Laptop, Speaker, VCD, Gambar, dan Buku Cerita

2.        Media

a.        Audio: Cerita

b.        Visual: Gambar

c.        Audio Visual: Video

3.        Sumber

a.        Global Access to the World of Work Book 2

b.        Pelajaran Bahasa Inggris untuk SMK Kelas 2

c.        English Grammar in Use

 

F.       Penilaian                        

1.        Prosedur Penilaian: pada akhir pembelajaran (post-test)

2.        Jenis Penilaian:

a.        Tes Lisan

1)       Bercerita tentang aktifitas masa lampau (pengalaman masa SD dan/atau SMP).

2)       Bercerita tentang rencana (Setelah lulus sekolah/SMK).

b.        Tes Tertulis

1)       Membuat surat pribadi.

2)       Menerjemahkan

 

 

Purbolinggo,  07  Juli 2011

Mengetahui,

Kepala SMK Ma’arif NU 1 Purbolinggo                                                                          Guru Mata Pelajaran

 

 

 

Nurul Ahmad,S.Pd.                                                                                        Ferdi Hatoko,A.Md.

 

 

Categories: Uncategorized
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: