Home > Uncategorized > rpp Bahasa Inggris kls XI KD7

rpp Bahasa Inggris kls XI KD7


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Sekolah                                    :   SMK Ma’arif NU 1 Purbolinggo

Program Keahlian                    :   Semua Program Keahlian

Mata Pelajaran                         :   Bahasa Inggris

Kelas/Semester                        :   XI/4

Pertemuan ke                           :   27-30

Alokasi Waktu                         :   8 x 45 menit

Standar Kompetensi                 :   Berkomunikasi dengan Bahasa Inggris setara Level Elementary

Kompetensi Dasar                   :   2.7   Membuat pesan-pesan pendek, petunjuk dan daftar dengan pilihan kata, ejaan dan tata tulis yang berterima.

Indikator                                  :   1.     Kata-kata dipilih dengan tepat dan dirangkai menjadi pesan pendek, petunjuk atau daftar.

2.        Kesimpulan dari suatu pembicaraan ditulis dengan benar menjadi suatu pesan pendek, petunjuk, atau daftar.

 

A.       Tujuan Pembelajaran

1.        Siswa dapat menggunakan kata-kata yang dipilih dengan tepat dan dirangkai menjadi pesan pendek, petunjuk atau daftar.

2.        Siswa dapat membuat kesimpulan dari suatu pembicaraan ditulis dengan benar menjadi suatu pesan pendek, petunjuk, atau daftar

 

B.       Materi Pembelajaran

1.        Samples of short messages, directory, and lists.

2.        Content, punctuation, and spelling.

 

C.       Metode Pembelajaran

1.        Ceramah

2.        Diskusi

3.        Role-Play (Bermain Peran)

4.        Tanya Jawab

5.        Audilingual

 

D.       Langkah-langkah Pembelajaran

Pertemuan ke-27:

1.        Kegiatan Awal

a.        Guru memberikan salam kepada siswa.

b.        Guru memeriksa kehadiran siswa.

c.        Guru menyampaikan materi yang akan dibahas dan tujuan pembelajaran.

d.        Guru memberikan apersepsi dengan cara memberikan pertanyaan kepada siswa kemudian siswa menjawabnya.

2.        Kegiatan Inti

a.        Guru membacakan sebuah pesan singkat, buku petunjuk/panduan dan daftar, dan siswa menulisnya.

b.        Guru membacakan sebuah pesan singkat, buku petunjuk/panduan dan daftar, kemudian siswa menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru.

c.        Guru menjelaskan bentuk, cara membuat pesan singkat, buku petunjuk/panduan dan daftar.

d.        Siswa membuat pesan singkat, buku petunjuk/panduan dan daftar.

3.        Kegiatan Akhir

a.        Guru memeriksa hasil kerja siswa.

b.        Guru memberikan tugas rumah.

c.        Guru menutup/mengakhiri pelajaran tersebut dengan mengucapkan salam kepada para siswa sebelum keluar kelas dan siswa menjawab salam.

 

Pertemuan ke-28:

1.        Kegiatan Awal

a.        Guru memberikan salam kepada siswa.

b.        Guru memeriksa kehadiran siswa.

c.        Guru memeriksa tugas rumah siswa yang telah diberikan pada pertemuan sebelumnya dan membahasnya.

d.        Guru menyampaikan materi yang akan dibahas dan tujuan pembelajaran.

e.        Guru memberikan apersepsi dengan cara memberikan pertanyaan kepada siswa kemudian siswa menjawabnya.

2.        Kegiatan Inti

a.        Guru me-review materi yang telah disampaikan pada pertemuan sebelumnya dengan cara bertanya kepada siswa secara acak.

b.        Siswa membacakan pesan singkat, buku petunjuk/panduan dan daftar (yang telah disampaikan pada pertemuan sebelumnya) di depan kelas, dan siswa yang lain menilai/memberi komentar.

c.        Guru menjelaskan dan memberikan contoh tentang Conditional Sentence Type II.

d.        Siswa mengerjakan latihan-latihan soal.

e.        Siswa menjawab pertanyaan berdasarkan bacaan yang telah disediakan oleh guru.

3.        Kegiatan Akhir

a.        Guru memeriksa hasil kerja siswa.

b.        Guru memberikan tugas rumah.

c.        Guru menutup/mengakhiri pelajaran tersebut dengan mengucapkan salam kepada para siswa sebelum keluar kelas dan siswa menjawab salam.

 

Pertemuan ke-29:

1.        Kegiatan Awal

a.        Guru memberikan salam kepada siswa.

b.        Guru memeriksa kehadiran siswa.

c.        Guru memeriksa tugas rumah siswa yang telah diberikan pada pertemuan sebelumnya dan membahasnya.

d.        Guru menyampaikan materi yang akan dibahas dan tujuan pembelajaran.

e.        Guru memberikan apersepsi dengan cara memberikan pertanyaan kepada siswa kemudian siswa menjawabnya.

2.        Kegiatan Inti

a.        Guru menjelaskan isi dari sebuah pesan, tanda baca, dan ejaannya.

b.        Siswa menerjemahkan dan menganalisis sebuah pesan yang diberikan oleh guru.

3.        Kegiatan Akhir

a.        Guru memeriksa hasil kerja siswa.

b.        Guru memberikan tugas rumah.

c.        Guru menutup/mengakhiri pelajaran tersebut dengan mengucapkan salam kepada para siswa sebelum keluar kelas dan siswa menjawab salam.

 

Pertemuan ke-30:

1.        Kegiatan Awal

a.        Guru memberikan salam kepada siswa.

b.        Guru memeriksa kehadiran siswa.

c.        Guru memeriksa tugas rumah siswa yang telah diberikan pada pertemuan sebelumnya dan membahasnya.

d.        Guru menyampaikan materi yang akan dibahas dan tujuan pembelajaran.

e.        Guru memberikan apersepsi dengan cara memberikan pertanyaan kepada siswa kemudian siswa menjawabnya.

2.        Kegiatan Inti

a.        Guru membacakan kalimat yang mengandung pola kalimat cause-effect relationship with, dan siswa menulisnya.

b.        Guru menjelaskan dan memberikan contoh pola kalimat cause-effect relationship with.

c.        Siswa mengerjakan latihan-latihan soal.

d.        Siswa menjawab pertanyaan berdasarkan bacaan yang telah disediakan oleh guru.

3.        Kegiatan Akhir

a.        Guru memeriksa hasil kerja siswa.

b.        Guru memberikan tugas rumah.

c.        Guru menutup/mengakhiri pelajaran tersebut dengan mengucapkan salam kepada para siswa sebelum keluar kelas dan siswa menjawab salam.

 

 

E.       Alat, Media, dan Sumber Belajar

1.        Alat

LCD Proyektor, Laptop, Speaker, VCD, Gambar, dan Buku Cerita

2.        Media

a.        Audio: Cerita

b.        Visual: Gambar

c.        Audio Visual: Video

3.        Sumber

a.        Global Access to the World of Work Book 2

b.        Pelajaran Bahasa Inggris untuk SMK Kelas 2

c.        English Grammar in Use

 

F.       Penilaian                        

1.        Prosedur Penilaian: pada akhir pembelajaran (post-test)

2.        Jenis Penilaian:

a.        Tes Lisan

Menyampaikan pesan secara lisan.

b.        Tes Tertulis

Membuat pesan singkat dan atau petunjuk cara penggunaan alat secara tertulis

 

 

 

Purbolinggo,  07  Juli 2011

Mengetahui,

Kepala SMK Ma’arif NU 1 Purbolinggo                                                      Guru Mata Pelajaran

 

 

Nurul Ahmad,S.Pd.                                                                       Ferdi Hatoko,A.Md.

 

 

Categories: Uncategorized
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: